Selasa, 05 Desember 2017

Volkswagen berencana beli saham pabrikan mobil Rusia GAZ


PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 05/12/2017 -  Produsen mobil Jerman Volkswagen (VW) dikabarkan sedang dalam proses pembicaraan untuk membeli saham milik produsen kendaraan komersial ringan Rusia, GAZ (Gorkovsky Avtomobilny Zavod), menurut sumber Reuters, Jumat malam waktu setempat.

GAZ merupakan bagian dari grup Basic Element yang asetnya dimiliki pengusaha Rusia, Oleg Deripaska, dan mereka sudah pernah menjalin kemitraan dengan Volkswagen.

Hingga saat ini belum diketahui berapa besar saham dan nilai kesepakatan atas saham yang akan dibeli oleh VW, menurut seorang sumber tersebut.
KONTAK PERKASA FUTURES

GAZ dan Basic Element pun masih menolak berkomentar, sedangkan juru bicara VW juga tidak mau mengeluarkan pernyataan atas spekulasi pasar itu.

"Ada pembicaraan, mereka berusaha mencapai kesepakatan. Deripaska telah lama mencari pasangan dan VW tidak memiliki pasangan di Rusia," ucap satu sumber dari industri otomotif.

Sebuah sumber yang dekat dengan VW mengonfirmasi bahwa perundingan sedang berlangsung, namun ia mengatakan ada kemungkinan bahwa membeli saham GAZ bukanlah satu-satunya tujuan dari pabrikan otomotif tersebut.

Jika kesepakatan itu terus berlanjut, maka hal itu menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan besar dari negara Barat yakin untuk berinvestasi di Rusia kendati ada ketegangan politik antar keduanya.

Pembuat mobil global lainnya juga sudah memiliki saham di produsen mobil Rusia. Pembuat mobil terbesar Rusia, Avtovaz, dimiliki aliansi Renault-Nissan, adapun produsen truk Rusia Kamaz telah menjadi bagian dari Daimler.

Sollers, perusahaan Rusia yang memproduksi van komersial, juga telah menjalin usaha patungan dengan Ford.

Penjualan mobil di Rusia yang menyusut dari tahun 2015 karena perlambatan ekonomi, dinilai telah pulih pada tahun ini dengan kenaikan penjualan mobil baru sebesar 17,3 persen, menurut Asosiasi Bisnis Eropa, demikian Reuters.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar